Peranan Biologi bagi kehidupan manusia antara lain: 1.Bidang Kedokteran dan kesehatan

Di posting oleh Larasati Milanie pada 09:55 AM, 22-Aug-13

Di: Pendidikan/Pelajaran

Peranan Biologi Bagi kehidupan Manusia:
A.Dibidang Kedokteran dan Kesehatan
1.Para penderita penyakit yang mengalami kerusakan pada salah satu organ tubuhnya, kini telah mendapatkan jalan keluarnya yaitu melalui teknik transplantasi (pencangkokan) organ. Transplantasi organ yang sudah berhasil dilakukan oleh para dokter adalah pencangkokan ginjal, jantung, sumsum tulang belakang maupun hati.
2.Teknik fertilasi invitro telah dapat diaplikasikan tidak hanya pada hewan ternak, tetapi telah dapat dilakukan pada manusia. Teknik ini dapat membantu pasangan suami istri yang sulit mendapatkan keturunan karena suatu kelainan. Fertilasi ini tentunya berasal dari gamet pasangan yang bersangkutan. Teknik karakterisasi dan pemisahan gamet sperma yang membawa kromosom X dan Y (penentu jenis kelamin keturunan) juga telah berhasil dilakukan. Teknik ini memungkinkan para pasangan suami isteri mendapatkan keturunannya dengan jenis kelamin tertentu.
3.Mikrobiologi kedokteran telah berhasil mengidentifikasi beberapa jenis mikroba yang menyebabkan penyakit pada manusia maupun hewan. Dengan demikian, antibiotik untuk mikroba-mikroba tersebut dapat dibuat.
4.Virologi pun telah memberikan sumbangannya pada dunia kedokteran, dengan mendasari pengetahuan dalam usaha menciptakan vaksin-vaksin. Misalnya pada kasus yang baru saja terjadi yaitu mengenai Virus Flu Burung. Sebuah surat kabar memberitakan bahwa Virus Flu Burung atau disebut jugaVirus Avian Influenza, yang hanya dapat diteruskan kepada manusia melalui kontak yang sangat dekat, telah dapat ditemukan vaksinnya oleh para pakar Imunologi dan Bioteknologi di Badan Kesehatan Dunia (WHO). Caranya adalah dengan menggabungkan gen Avian dengan gen flu pada manusia agar menjadi ‘aman’. Mereka mengambil satu gen virus flu burung kemudian menggantikan gennya tadi dengan gen flu manusia. Hasil dari kombinasi virus buatan ini kemudian dipersiapkan sebagai basis untuk pembuatan vaksinnya.
B.Dibidang Pertanian
1. Sebagai penguji pencarian keturunan atau bibit bibit unggul pada tanaman.
2. Pengelolaan cara bertani yg subur dan baik.
3. Pemberantasan penyakit tanaman dalam meneliti obat pemberantas hama.
4.sebagai penguji seberapa subur tanaman dapat berkembang.
C.Dibidang Faramasi(Obat-obatan)
1. Menghasilkan berbagai obat - obatan yang dibutuhkan manusia
2. Meneliti berbagai penyakit untuk ditemukan cara pengobatannya
3. Memajukan perkembangan obat - obatan dan cara pengobatannya
4. Meningkatkan kesehatan masyarakat baik di masa sekarang maupun di masa depan
5. Memajukan ilmu kedokteran
6. Meningkatkan mutu kesehatan
7.Biologi membantu kita memahami tubuh dan organ dalam hingga sel melalui ilmu anatomi, fisiologi, dan histologi.
8. Biologi membantu manusia dalam memahami respon tubuh terhadap bahan kimia tertentu.
9. Biologi membantu manusia dalam menemukan spesies yang bisa dimanfaatkan menjadi obat.
10. Biologi membantu manusia dalam menentukan proses biologis dalam pembentukan senyawa obat-obatan tertentu, misalnya antibiotik dan insulin (biological engineering).
D.Dibidang Peternakan
contoh diantaranya adalah ayam penghasil banyak telur, ayam pedaging, sapi pedaging, sapi penghasil banyak susu, dan domba pedaging.
E.Dibidang Perikanan
(1) pembuatan tambak-tambak, karamba jala apung (kajapung), maupun rumpon, serta
(2) pelestarian terumbu karang, mangrove, hutan bakau, dan lamun.
F.Dibidang Industri:
a. Ditemukannya kandungan gula yang cukup tinggi pada batang tebu,menyebabkan berkembangnya pabrik pengolahan tebu menjadi gula.
b. Diketahuinya bahwa serabut biji kapas dan bulu domba dapat diolah menjadi benang, dan kepompong ulat sutera dapat diolah menjadi benang sutera, maka berkembanglah industri tekstil/kain, kain wol dan kain sutera.
c. Dengan berkembangnya mikrobiologi, telah diketahui berbagai struktur dan sifat-sifat dari berbagai jenis mikroba/jasad renik, baik yang menguntungkan maupun yang bersifat patogen (menyebabkan penyakit), maka berkembanglah industri obat-obatan, makanan/minuman yang berkhasiat obat. Contoh dalam industri makanan adalah sebagai berikut; Setelah diketemukannya jenis bakteri Lactobacillus yang sifat-sifatnya dapat bermanfaat bagi manusia dan dapat dibuat menjadi yoghurt, maka berkembanglah industri pembuatan yoghurt. Yoghurt ini dibuat dari susu yang difermentasikan dengan menggunakan bakteri Lactobacillus, pada suhu 40 derajat celcius selama 2,5 jam sampai 3,5 jam. Contoh lainnya pemanfaatan mikrobiologi dalam bidang industri makanan adalah pada industri kecap, tempe, oncom, keju, roti, dan nata de coco, serta minuman anggur.
Dalam industri obat-obatan, telah diketahui sifat-sifat bakteri Escherichia coli yang ternyata dapat dibuat/disintesis menjadi insulin; insulin ini sangat berguna bagi penderita penyakit Diabetes Melitus pada manusia.


*Semoga Bermamfaat yaabiggrinbiggrinwink..

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

Belum ada komentar. Tulislah komentar pertama!

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar